HP Xiaomi Redmi K50 Ultra hadir sebagai ponsel cerdas yang mengusung chipset terbaik dari Qualcom sekarang ini. Ya, selain memiliki kualitas kamera terbaik, banyak juga yang mencari ponsel cerdas yang mampu memberikan performa terbaik. Sehingga, Xiaomi melalui Redmi menjajal mewujudkan keinginan para konsumen.

Di Tanah Air sendiri, lini Redmi memang didominasi dengan perangkat segmen kelas entri sampai menengah. Sedangkan, umumnya untuk penawaran kelas atas, hadir melalui Xiaomi T Series yang harganya masih lebih murah dibanding flagship terbaru Xiaomi. Redmi K50 Ultra ini pun bukan yang pertama. Sebelumnya sudah hadir seri K50 Pro dan K50 Gaming yang turut absen di Indonesia.

Desain ponsel ini dari segi tampilan memang mirip Xiaomi 12 Series. Baik dari modul kamera yang mengusung 3 sensor berbeda ditambah pilihan warnanya pun mirip. Spesifikasinya tak kalah menarik, bahkan terdapat yang lebih superior dari pilihan yang lebih premium.

HP Xiaomi Redmi K50
fonearena.com

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi K50 Ultra

Langsung saja membahas salah satu fitur unggulan salah satu HP terbaru ini, yaitu dari sektor performa. Lebih kencang dari Xiaomi 12 Series, Redmi K50 Ultra sudah mengimplementasikan chip Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset tersebut sama seperti pada Xiaomi 12S Ultra.

Menarinya, cip ini dipadukan dengan vapor chamber luas dengan klaim mampu menjaga performa gaming tetap mulus hingga 2 jam pemakaian. Chipset tersebut disematkan dengan pilihan RAM hingga 12GB LPDDR5. Sedangkan untuk penyimpanan internal UFS 3.1 sampai dengan 512GB.

Baterai pada Redmi K50 Ultra sendiri juga dibuat serupa dengan varian Pro. Bukan hanya mempunyai kapasitas besar yaitu 5.000 mAh, namun baterai tersebut juga support fast charging atau pengisian cepat 120W untuk pengisian yang tergolong sangat instan. Lebih dari itu, daya tersebut diklaim dapat dipakai lebih dari sehari penuh.

HP Xiaomi Redmi K50 Ultra juga berbekal sensor yang cukup lengkap.  Mulai NFC hingga IR blaster pun tersedia. Ada juga speaker stereo yang support efek Dolby Atmos. Sedangkan untuk earphone kabel melalui koneksi USB-C serta sudah mendukung untuk standar Hi-Res Audio.

Tersedia dalam Pilihan Mercedes F1 Edition

Bukan hanya performa, fitur pelengkap yang lain juga masih termasuk oke di kelasnya. Layar pada smartphone ini memakai panel AMOLED berukuran 6,67 inch dan menggunakan jenis panel layar 12-bit. Itu berarti, layar tersebut mampu menampilkan hingga 68 miliar warna plus memiliki kalibrasi cukup tinggi. Selain itu juga support untuk standar konten HDR10+ maupun Dolby Vision.

Resolusi pada layar HP Xiaomi Redmi K50 Ultra terbilang unik, yaitu 1220 p atau sedikit melampaui Full HD Plus, untuk kerapatan pikselnya yaitu 446 ppi. Pabrikan Xiaomi mengklaim jika resolusi ini punya ketajaman yang mendekati panel QHD+ namun dengan daya lebih rendah. Disematkan bersama refresh rate sampai 120Hz ditambah touch sampling rate 480Hz.

Untuk sensor sidik jarinya juga masih tetap ada di layar. Bahkan mampu mendeteksi denyut jantung. Sedangkan untuk kamera pada Redmi K50 Ultra, sensor utamanya memakai ISOCELL HM6 108 megapiksel. Bekalan kamera tersebut mendukung teknologi berupa nona-binning atau dapat menggabungkan 9 piksel individu agar menjadi satu super piksel. Selain itu, tersemat juga dua sensor yang lain, yaitu 8 megapiksel ultra wide dan juga 2 megapiksel makro.

Tersedia di dalam pilihan warna blue, silver, dan black, HP Xiaomi Redmi K50 Ultra dibanderol dengan harga mulai dari CNY 2999 atau berkisar Rp 6,5 jutaan untuk pilihan penyimpanan terendah yaitu 8+128 gigabyte. Ingin produk yang paling mewah? Tenang, tersedia pilihan 12+512 gigabyte Mercedes F1 Edition yang dijual dengan harga CNY 4199 atau setara dengan nominal Rp 9,1 jutaan.